Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Minggu, 03 April 2011

HEMAT AIR DAN LISTRIK

Menghemat tagihan listrik dan air tak hanya mengurangi pengeluaran rutin bulanan tapi juga menekan pemanasan global. Hemat listrik berarti menggunakan peralatan listrik seperlunya dan mematikannya saat tak diperlukan. Cobalah untuk membiasakan diri mematikan lampu saat tidak digunakan dan juga lampu diruang kosong. Saat siang hari bukalah gorden dan jendela untuk membiarkan cahaya matahari masuk menerangi ruangan. Jendela terbuka juga baik untuk sirkulasi udara sehingga tidak perlu menyalakan AC.
Matikan pula televise jika tidak ditonton. Semua peralatan listrik yag masih dalam mode standby akan terus menerus menggunakan listrik. Bagi ibu rumah tangga untuk maksimalkan pekerjaan yang menggunakan listrik pada siang hari. Sebab tariff listrik pada siang hari lebih mahal. Dan untuk menghemat air banyak cara yang bisa dilakukan, mandi secukupnya tak perlu berlama-lama. Mandi selama 5 menit jauh lebih hemat dibanding menggunakan bathtub yang bisa sampai 60 liter air. Kalau sikat gigi, usahakan keran dalam kondisi tertutup. Sebab, jika kita membiarkan keran terbuka selama 1 menit itu sama dengan membuang 1 galon air bersih sehari.
Untuk menjaga ketersediaan air tanah, buatlah lubang biopori. Mudah saja, buat lubang dengan diameter 10cm lalu isi dengan sampah organik. Bila turun hujan, lubang ini akan terisi air lantas air akan meresap ke dalam tanah dan diikat sebagai sumber air tanah yang nantinya akan kita butuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar