Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Selasa, 27 Oktober 2009

Komunikasi

NAMA : YULIYANNI
NPM : 12108121
KELAS : 2KA08
( TUGAS 3 )

KOMUNIKASI

Pengertian Komunikasi, menurut Keith Davis komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain. Sedangkan menurut Chester I Barnard komunikasi adalah suatu alat di mana orang – orang yang bersangkutan saling berhubungan satu sama lain dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan umum.
Dari ketiga pendapat diatas bisa disimpulkan bahwa di dalam komunikasi harus mencakup tiga hal penting agar komunikasi tersebut berhasil baik :

1.Harus ada si pembawa berita atau biasa disebut komunikator (sender).
2.Harus ada si penerima berita atau biasa disebut komunikan (receiver).
3.Berita atau informasi yang akan disampaikan.

Sangat jelas bahwa komunikasi berperan penting dalam kehidupan sehari – hari baik dalam lingkungan keluarga yang terkecil hingga dalan organisasi atau dalam suatu perusahaan. Misalkan dalam keluarga antara orang tua dan anak tentu sering terjadi perbedaan pendapat sehingga timbul kesalahpahaman, disini komunikasi berperan untuk menetralisir perbedaan tersebut dengan berbicara satu sama lain sehingga dapat di terima oleh kedua belah pihak.
Sedangkan dalam suatu organisasi dan perusahaan komunikasi juga sangat berperan penting karena biasanya dilakukan untuk menyampaikan berita, perintah dari atasan, pemberitahuan kebijaksanaan perusahaan, ide atau perubahan rencana suatu organisasi, ataupun untuk menanggapi masalah dan keluhan dari bawahan suatu perusahaan atau sesama anggota organisasi.
Pasti di dalam suatu organisasi atau perusahaan juga akan menemukan masalah karena tidak terlepas dari berdirinya organisasi atau perusahaan itu terdiri dari bebarapa orang yang memiliki perbedaan sifat, cara dan karakter walaupun mereka pada intinya memiliki visi dan misi yang sama baiknya untuk organisasi atau perusahaan tersebut. Karena adanya perbedaan itu sering muncul kesalahpahaman yang berujung kurang intensnya komunikasi .
Disini peran komunikasi sangat mendukung juga disertai oleh peran atau andil dari anggota yang lain agar komunikasi tidak terputus dan berjalan lancar sehingga keluhan, masalah maupun informasi yang diperlukan antar karyawan maupun antar atasan – bawahan bisa dilakukan / diselesaikan dengan baik. Agar tercapai koordinasi dalam kerjasama itu sangat penting dilaksanakannya komunikasi yang setepat – tepatnya dan seefektif mungkin sehingga koordinasi dan kerja sama benar – benar dapat dilaksanakan setepat – tepatnya.
Adapun agar komunikasi yang dilakukan antar 2 orang atau lebih bisa berhasil baik harus memenuhi syarat – syarat sebagai berikut :

1.JELAS, yaitu dinyatakan ke dalam bahasa yang dimengerti oleh si penerima berita.
2.TEPAT, dalam hal yang dituju untuk diberi berita atau informasi yang perlu disampaikan.
3.SASARAN, tujuan pemberian berita atau informasi sebaiknya sesuai dengan yang diharapkan si pengirim.

Komunikasi juga tidak terbatas pada komunikasi lisan saja tapi ada komunikasi dalam bentuk tulisan seperti surat, memo atau bentuk tulisan lainnya. Komunikasi yang juga sangat mudah didapat adalah komunikasi dalam media elektronik yaitu dari televisi atau radio yang bisa diakses oleh segala usia. Masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, dari media elektronik kita biasa memperoleh informasi secara langsung dan melihat serta mendengar komunikasi secara langsung pula, namun kadang informasi masih ada kesalahan atau kekurangan karena minim persiapan di lapangan.
Media elektronik bisa diakses oleh segala usia, baik tapi tentunya ada beberapa golongan informasi atau komunikasi yang tak pantas untuk usia anak – anak yang akan mempengaruhi pemikiran mereka dan komunikasi mereka sehari – hari yang cenderung membuat mereka lebih terlihat dewasa atau bahkan berfikir “kritis”.

Di samping bentuk komunikasi di atas ada pula komunikasi bisa dilakukan antara orang yang satu dengan orang yang lain, dilakukan bisa melalui :

· Komunikasi langsung, dilakukan dalam menyampaikan berita, laporan maupun perintah antara si pengirim berita kepada si penerima berita dilakukan secara langsung.

· Komunikasi tidak langsung, penyampaian tidak secara langsung hanya melalui orang lain ataupun secara tertulis. Mengakibatkan umpan balik juga tertunda.

· Komunikasi horizontal, informasi bertujuan untuk menjalin hubungan baik sesame karyawan maupun untuk melakukan koordinasi dalam bekerja.

· Komunikasi formal, dilakukan antara sesame anggota organisasi disesuaikan dengan urutan / tingkatan dalam struktur organisasi.

· Komunikasi informal ( The grapevine ), biasanya disebarluaskan melalui desas – desus atau kabar angina dari mulut ke mulut dari satu orang ke orang lainnya di mana kebenarannya tidak bisa dijamin.

Biasanya seseorang yang melakkukan komunikasi dengan seseorang mempunyai tujuan yang berbeda – beda tergantung pada maksud pribadi seseorang. Seseorang yang melakukan komunikasi dengan orang lain bisa bertujuan untuk memberikan informasi kepada orang yang menerima berita tersebut, bisa juga seseorang yang melakukan komunikasi dengan orang lain karena bertujuan untuk memperoleh berita yang diperlukan dalam melaksanakan pekerjaanya tetapi bisa juga seseorang yang melakukan komunikasi dengan orang lain bertujuan untuk merundingkan sesuatu atau musyawarah untuk mencapai persetujuan diantara mereka.
Jadi, menurut saya komunikasi dalam organisasi, perusahaan maupun keluarga sangat penting karena dengan adanya komunikasi maka seseorang bisa berhubungan dengan orang lain dan saling bertukar pikiran yang bisa menambah wawasan seseorang dalam bekerja atau menjalani kehidupan sehari – hari .
( sumber : buku PENGANTAR ORGANISASI DAN METODE )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar